Jenis Alat Pelindung Diri

Alat Pelindung Diri atau dikenal dengan nama APD merupakan alat yang harus digunakan oleh pekerja lapangan. Salah satu pekerja lapangan yang sering menggunakan APD adalah pekerja proyek konstruksi. Orang- orang yang bekerja dalam dunia konstruksi memiliki resiko kecelakaan yang sangat besar. Oleh sebab itu untuk menghindari adanya kecelakaan maka dibutuhkan alat pelindung diri. Dengan menggunakan APD maka bisa meminimalisir adanya kecelakaan yang besar, karena alat ini mampu mengisolasi semua badan atau tubuh dari bahaya yang terjadi ditempat kerja.

keselamatankerja.blogspot.com

Jenis- Jenis Alat Pelindung Diri Yang Harus Ada

Ada banyak alat pelindung diri yang harus ada dan digunakan oleh para pekerja, berikut ini adalah APD yang sering digunakan oleh pekerja dilapangan :

  • Safetu belt

Merupakan alat yang digunakan untuk pelindung diri ketika seseorang bekerja diatas ketinggian.

  • Safety helmet

Dengan menggunakan safety helmet maka bagian kepala akan terlindungi dari seua benda yang membuatnya cidera. Untuk heml ini tidak abal- abal, sudah teruji dan kuat

  • Sepatu karet

APD selanjutnya adalah karet, sepatu karet ini merupakan sepatu boot yang didesain secara special untuk pekerja diruangan atau kondisi yang becek dan berlumpur. Sepatu ini sangat melindngi kaki anda, karena dilapisi oleh metal sehingga aman jika anda menginjak benda panas, cairan kimia, atau benda tajam lainnya.

  • Safety shoes

APD ini juga sangat baik digunakan untuk melindungi kaki dari benda tajam, panas, cairan kimia  dan benda berat

  • Baju wearpack

Banyak juga pekerja lapangan yang menggunakan wearpack, baju wearpack ini tahan terhadap panas dan dangat melindungi tubuh anda. Ada beberapa model wearpack yang bisa anda gunakan, misal saja model atasan bawah dan model terusan.

  • Kacamata pengaman

Biasanya sering digunakan oleh pekerja bengkel atau las, ketika memotong las maka dibutuhkan kacamata pengaman untuk melindungi cipratan api untuk memotong las

  • Sarung tangan

Sarang tangan juga sangat penting untuk digunakan, memiliki manfaat untuk melindungi tangan dari berbagai benda yang membahayakan. Apalagi sarung tangan  ini teruat dari bahan pilihan, sehingga akan tetap memberikan kenyamanan selama pemakaian.

  • Jas hujan

Jas hujan juga termasuk alat pelindung dari yang digunakan saat bekerja dan hujan

  • Masker

Keberadaan masker dalam dunia kerja juga sangat ebrperan penting, dengan menggunakan masker maka udara sekitar yang jelek karena kimia, debu, atau racun bisa disaring dan aman.

  • Pelindung muka

Selain masker, ada juga pelindung muka yang biasa digunakan oleh pekerja gerinda.

  • Penutup telinga

Ketika anda bekerja ditempat bising maka penutup telinga sangat penting untuk digunakan

  • Pelampung

Pelampung ini juga biasa digunakan sebagai alat pelindung diri bagi pekerja yang berada di atas air.

Tips Aman Bekerja Selain Menggunakan Alat Pelindung Diri

Dalam dunia kerja, selain menggunakan alat pelindung diri diatas, kita juga harus membudayakan keselamatan di tempat kerja dengan cara berikut ini, pertama pastikan desain tempat atau gedung bekerja aman untuk digunakan, gedung yang aman untuk bekerja adalah gedung yang memiliki pintu evakuasi. Kedua, pastikan memberikan instruksi keselamatan kerja yang jelas kepada semua karyawan, selain itu jangan lupa untuk memberikan pelatihan keselamatan. Cara lainnya adalah dengan menjaga semua mesin dan alat kerja dengan baik, sehingga tidak ada alat yang tidak layak pakai yang membahayakan semua karyawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*