Keistimewaan Gedung Sate

Pusat pemerintahan provinsi jawa barat di kota bandung. Pusat pemerintahan provinsi jawa barat berada di gedung sate. Sebagai salah satu gedung yang cukup populer karena sebagai gedung pemrintahan provinsi jawa barat, gedung ini memiliki bentuk arsitektur yang cukup unik. Keunikan dari gedung satu ini memang menjadikan daya tarik tersndiri bagi warga jawa barat bahkan seluruh masyarakat indonesia. Memiliki sejarah yang cukup panjang, membuat gedung ini sebagai salah satu bangunan yang memiliki nilai sejarah yang patut dijaga keberadaan serta kelestariannya. Pusat pemerintahan provinsi jawa barat memang menjadi salah satu gedung yang cukup fenomenal dan layak untuk dikunjungi.

Keunikan Gedung Sate

Salah satu bangunan bersejarah yang menjadi saksi perjuangan kemerdekaan bangsa indonesia khususnya rakyat jawa barat bernama gedung sate. Gedung ini memiliki beberapa keunikan dan keistimewaan yang membedakannya dari gedung bertingkat lainnya yang ada di seluruh kota bandung. Berikut ulasannya:

  • Memiliki icon berupa tusuk sate yang berada di atap gedungnya. Gedung ini memilih tusuk sate sebagai salah satu iconnya karena tusuk sate melambangkan perjuangan yang tiada hentinya. Bangunan ini berdiri pada tahun 1920. Pembangunan gedung ini dilakukan pada masa pemerintahan kolonial belanda. Di kala itu, proses pembangunan gedung ini sebagai hadiah dari pemerintahan belanda kepada provinsi jawa barat. Dikerjakan oleh 2000 pekerja bahkan arsiteknya didatangkan khusus dari cina membuat gedung ini menjadi cukup istimewa.
  • Pekerja yang mengerjakan bangunan ini bukan merupakan pekerja romusa. Pekerja yang terlibat dalam pembangunannya merupakan pekerja yang di bayar sepenuhnya. Bahkan tidak sedikit pula pekerja yang sengaja di datangkan dari tiongkok dan cina untuk mengerjakan bagian-bagian terpenting dari gedung satu ini. Gedung ini dibangun dalam kurun waktu yang cukup lama. Memakan waktu sekitar 4 tahun untuk mulai merancang gedung ini hingga proses pembangunan selesai. Memiliki banyak sekali ornamen yang detail membuat para pekerja harus ekstra hati-hati dan teliti ketika mengerjakan gedung yang satu ini.
  • Gedung yang memiliki tusuk sate pada bagian atapnya menggunakan ornamen yang cukup detail di bagian atapnya. Ornamennya terdiri dari 6 buah benda yang bentuknya mirip dengan jambu air. Bangunan yang satu ini dibangun dengan menghadap ke gunung tangkuban perahu. Gaya arsitektur yang digunakan oleh bangunan ini mengarah kepada gaya arsitektur ala hindi eropa. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa aritektur dari gedung ini sangat mirip dengan candi borobudur namun dalam versi yang berbeda. Meskipun demikian keistimewaan dari arsitektur perpaduan hidi eroma cukup menjadi identitas unik dari gedung yang selesai dingaun pada tahun 1924 ini.

Gedung  Sate Yang Istimewa

Banguanan bernama gedung sate dibangun di atas lahan seluas lebih dai 27 ribu meter persegi dengan luas bangunan lebih dari 10 ribu meter persegi memiliki keunikan dan nilai sejarah tersendiri. Masayarakat yang kala itu belum begitu bisa menyebutkan nama asli gedung ini menyebutkan gedung ini mirip dengan tusuk sate. Sehingga menyebutkan seperti sebutan yang saat ini populer. Paket tour bandung yang Anda pilih akan membawa Anda berkeliling gedung bersejarah yang adai di seluruh kota bandung. Menikmati keindahan arsitektur kuno yang masih bertahan hingga sekarang dari sebuah banguanna kuno merupakan salahs atu cara unik untuk menghargai sejarah. Sehingga akan semakin menumbuhkan kecintaan pada Indonesia secara utuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*