Sakaratul Maut Untuk Orang Zhalim dan Bertaqwa

Kematian adalah sesuatu yang pasti akan terjadi serta proses sebelum berpisahnya ruh dengan jasad itu dinamakan sakaratul maut. Tidak ada seorang pun yang secara pasti mengetahui seperti apa rasa sakit yang dialami saat proses ini datang menghampiri. Dikatakan oleh Imam Ghozali bahwa rasa sakit yang dirasakan akan berbeda antara orang zhalim dan orang yang bertaqwa. Rasa sakit itu sendiri akan menghunjam jiwa serta menyebar ke seluruh anggota tubuh. Setiap bagian tubuh orang yang sekarat akan merasakan dirinya ditarik-tarik serta dicerabut dari tiap urat nadi, persendian, urat syaraf, serta akar rambut dari kepala hingga kaki. Proses ini bisa memakan waktu yang berbeda-beda bagi tiap orang serta tidak bisa dihitung dalam ukuran detik seperti halnya hitungan waktu dunia. Dikatakan oleh bapak modernisasi dari Turki, Mustafa Kemal Attaturk, bahwa proses ini dapat memakan waktu hingga enam bulan lamanya walau mungkin di dunia hanya beberapa detik.

Sakaratul Maut Orang Zhalim

Rasa sakit yang dirasakan saat sakaratul maut akan memiliki beberapa tingkat rasa sakit. Sebuah riwayat mengatakan bahwa rasa sakitnya akan menjadi pengurangan kadar siksa di akhirat kelak.

  1. Seperti apa proses ini akan berlangsung pada orang yang zhalim? Imam Ghozali mengutip riwayat di mana Ibrahim as ingin melihat wajah Malaikat Maut saat tengah mencabut nyawa dari orang zhalim. Allah kemudian memperlihatkan gambaran Malaikat Maut. Ia tampak seperti pria besar dengan kulit legam, bau busuk, rambutnya berdiri, dua mata yaitu satu di depan dan satu di belakang, menggunakan pakaian serba hitam, keluar api dari mulutnya dan terlihat sangat menakutkan.
  2. Wajah Malaikat Maut saja sudah terbilang menakutkan, apalagi saat mereka mulai menyentuh tubuh orang zhalim dan menarik paksa roh dari dalam tubuhnya. Ini ibarat melepas akar serabut baja yang tertanam dalam di tanah dari timah keras.
  3. Dikatakan bahwa wajah dari Malaikat Maut ini akan membuat seseorang takkan bisa tertawa lagi dan merasakan kegembiraan hingga sepanjang sisa hidupnya.
  4. Orang-orang zhalim yang berada dalam tekanan sekarat ini akan merasakan sakit yang dahsyat sementara Malaikat Maut memukul tangannya dan berkata untuk mengeluarkan nyawanya.
  5. Pada akhir dari proses ini, akan ada wajah dua Malaikat Pencatat Amal.

 

Sakaratul Maut Untuk Orang Bertaqwa

Rasulullah pernah bersabda bahwa seorang muslim takkan meninggalkan dunia sampai ia mendapat tempat yang seharusnya, baik di neraka maupun di surga. Lalu, seperti apa gambaran sakaratul maut bagi orang yang bertaqwa pada Allah?

  1. Imam Ghozali mengatakan bahwa orang beriman akan melihat Malaikat Maut sebagai seorang pemuda tampan, menyebarkan wangi serta berpakaian indah.
  2. Dikatakan pada orang-orang bertaqwa bahwa Allah telah menurunkan kebaikan dan orang-orang yang berbuat baik selama di dunia akan mendapat pembalasan yang baik. Kampung akhirat adalah sebaik-baiknya tempat bagi orang yang bertaqwa.
  3. Dijelaskan pula gambaran surga bagi orang-orang bertaqwa, di mana sungai mengalir di bawahnya serta penghuni surga akan mendapat semua yang mereka kehendaki.
  4. Orang-orang bertaqwa adalah orang-orang yang diwafatkan dalam keadaan baik serta Malaikat mengatakan pada mereka untuk masuk ke dalam surga karena apa yang telah mereka kerjakan selama ini.
  5. Kematian memang adalah hal yang tidak bisa hindari oleh setiap manusia. Untuk meringankan beban keluarga yang ditinggalkan, kita dapat memanfaatkan layanan dari Al Azhar Memorial Garden untuk proses pengurusan jenazah secara Islami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*